Produk Susu UGM Menjadi Salah Satu Unggulan Di Pameran I3E 2018

Berbagai negara telah mendorong industri-industri berbasis teknologi sebagai salah satu motor penggerak utama pembangunan. Tumbuh dan berkembangnya industri inovatif atau perusahaan berbasis teknologi di Indonesia di harapkan memberikan manfaat yang besar pada pemanfaatan sumber daya yang efektif dan efisien, terbukanya lapangan pekerjaan, meningkatnya ekonomi lokal dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hasil inovasi teknologi perguruan tinggi diharapkan mampu dihilirisasikan dan ditumbuhkembangkan menjadi Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) di perguruan tinggi. Inovasi mampu memberikan nilai tambah dan keunggulan perusahaan, baik dari aspek proses maupun produk yang dihasilkan. Tumbuh dan berkembangnya perusahaan inovatif perlu didukung oleh semua pihak melalui berbagai upaya, diantaranya mendiseminasikan dan mengenalkan produk-produk inovasi ke investor, industri dan masyarakat.

Salah satu produk Universitas Gadjah Mada hasil inovasi dari Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi menjadi salah satu produk unggulan di acara Pameran I3E yang diselenggarakan di Jogja City Mall Yogyakarta pada tanggal 25-28 Oktober 2018, yang saat itu pula di hadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Muhammad Nasir, ph.D., Ak.

Perkembangan startup Indonesia harus didorong karena ia menjadi sumber optimisme dan inovasi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) berkomitmen mengawal perkembangan bisnis rintisan ini melalui sejumlah pemberdayaan.

Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) telah dilaksanakan selama 3 tahun terakhir merupakan sarana bagi perusahaan rintisan berbasis teknologi untuk mulai berhadapan dengan pasar, investor, dan pemangku kepentingan lagi yang lebih luas. Dengan partisipasi dalam I3E diharapkan para peserta program inkubasi berbasis teknologi makin siap dan mampu untuk tumbuh-berkembang dan memenangkan persaingan serta menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Produk UGM yang menjadi unggulan apada acara I3E adalah Susu Sinbiotik FE-Zn, susu fermentasi sinbiotik dengan fortifikasi dengan inovator Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes. Susu fermentasi sinbiotik fortifikasi besi dan zink adalah produk makanan fungsional untuk mengatasi stunting berbahan dasar susu skim dengan penambahan prebiotik, probiotik, zink dan zat besi yang dapat menunjang pertumbuhan balita.