BPP Kembali Gelar Workshop “Nature Research Academies”

Pada tanggal 9-10 Oktober 2019 bertempat di Auditorium Lantai 5 Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, Badan Penerbit dan Publikasi kembali berkolaborasi dengan Nature Research menyelenggarakan “The 2nd Nature Research Academies Workshop 2019”, setelah sebelumnya, pada tanggal 2-3 Mei 2019 BPP menyelenggarakan workshop pertama. Workshop diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang seluruhnya merupakan civitas akademika UGM dari berbagai fakultas.

Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Widodo, M.Sc., Ph.D., memberikan sambutan pembuka dengan menjelaskan tentang pentingnya workshop research academies diagendakan sebagai agenda tahunan UGM. Workshop selanjutnya dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D., yang secara khusus memberikan dukungan akademik terhadap pelaksanaan “The 2nd Nature Research Academies Workshop 2019”.

Hadir sebagai pemateri dalam workshop adalah Dr. Jeffrey Robens, Manajer Pengembangan Editorial di Nature Research. Selama workshop berlangsung, Dr. Jeffrey Robens menyampaikan paparan secara interaktif dalam dua hari pertemuan. Hari pertama didiskusikan secara mendalam kiat-kiat untuk menjadi penulis artikel jurnal internasional yang baik, mulai dari teknik menulis artikel akademik yang efektif dengan alur yang logis, teknik membuat tulisan yang baik agar mudah dipahami, cara menyajikan pendahuluan/metode/hasil artikel, dan cara untuk membuat diskusi/judul/abstrak yang efektif. Pada hari kedua diskusi lebih diarahkan pada strategi agar dapat termuat di dalam jurnal internasional terindeks. Diskusi hari kedua dimulai dengan etika dalam membuat publikasi ilmiah, cara memilih jurnal, cara berkomunikasi dengan editor jurnal, dan strategi yang harus dilakukan setelah artikel dikirimkan ke jurnal yang dituju.

Sebagai tindak lanjut dari “The 2nd Nature Research Academies Workshop 2019”, Dr. Jeffrey Robens sebagai pemateri memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para peserta untuk mengkonsultasikan draf artikel yang dimiliki melalui email. Tujuannya agar segera dihasilkan artikel ilmiah yang terpublikasi dalam jurnal internasional terindeks sebagai hasil dari workshop yang telah diselenggarakan. (Krista)

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.