Sosialisasi Pendanaan Riset Pembangunan Indonesia (Rpi)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan Badan Layanan Umum yang salah satu tujuannya untuk mendorong dan menghasilkan riset-riset unggul yang dapat diimplementasikan untuk memberi nilai tambah dan/atau inovasi-inovasi di bidang pangan, energi, tata kelola, dan pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan (eco-growth) serta menjalin jejaring kalangan periset, akademisi dan penggiat riset di bidang pangan, energi, tata kelola, dan pembangunan ekonomi berwawasan lingkungan (eco-growth). Pada kesempatan ini LPDP bekerjasama dengan LPPM UGM mengadakan Sosialisasi Pendanaan Riset Pembangunan (RPI) di Ruang Sidang Utama LPPM dengan Narasumber Eko Prasetyo selaku Direktur Utama LPDP dan M. Sofwan Effendi sebagai Direktur Dana Rehabilitasi Fasilitas Penelitian LPDP.

Sosialisasi Pendanaan Riset Pembangunan diterima langsung oleh ketua LPPM UGM Prof. Dr. Suratman, M.Sc. Dalam kesempatan ini Suratman mengatakan bahwa “nafas dari perguruan tinggi adalah riset, melalui kerjasama dengan LPDP menjadi spirit baru, untuk kemajuan pembelajaran, kepentingan kemajuan masyarakat dan industry”.  Nampaknya banyak dari insan peneliti UGM yang belum faham mengenai pendanaan riset pembangunan yang dikelola oleh LPDP, sehingga Prof. Dr. Suratman, M.Sc. menghimbau sosialisasi ini dapat di teruskan ke seluruh unit-unit penelitian yang ada di UGM.

Dipilihnya UGM sebagai tempat sosialisasi pendanaan riset pembangunan karena melihat UGM merupakan universitas terbanyak yang mengajukan proposal penelitian LPDP. “Kedepan diharapkan dari sekian banyak proposal yang sudah masuk ke LPDP tidak hanya menelurkan penelitian-penelitian yang lebih banyak tetapi juga dapat menetaskan telur-telur penelitian tersebut sehinga harapannya dapat dipergunakan untuk kepentingan Bangsa dan Negara, “ kata Eko Prasetyo

Seperti diketahui, sejak 2012 lalu LPDP telah membuka kesempatan bagi para peneliti untuk dapat mengajukan proposal riset. Bagi peneliti yang ingin mengajukan proposal ke LPDP dapat mendaftar sepanjang tahun.