Sosialisasi Penelitian Unggulan UGM Tahun Anggaran 2014

Kegiatan penelitian unggulan UGM merupakan tanggapan atas kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti yang salah satu tujuannya adalah menciptakan keunggulan penelitian di perguruan tinggi. Penelitian tersebut mengacu pada issue strategis nasional maupun global yang meliputi: ketahanan dan keamanan pangan; sumber energi baru dan terbarukan; pengelolaan bencana dan lingkungan; kesehatan, penyakit tropis, gizi dan obat; dan sosial budaya, perdamaian, dan clean governance. Sasaran akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya inovasi teknologi pada bidang-bidang unggulan dan rekayasa sosial guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional.

Sosialisasi penelitian unggulan UGM yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 8 Mei 2013 di Ruang sidang LPPM dipimpin oleh Dr. Amir Husni, S.Pi., M.P. dan Yusril Yusuf, S.Si., M.Si., M.Eng., D.Eng. yang dihadiri lebih dari 70 dosen peneliti di UGM.

Dr. Amir Husni dalam sosialisasi tersebut menghimbau para peneliti untuk meninjau ulang proposal yang sudah diajukan/diupload dengan memperhatikan: panduan yang terbaru; bidang unggulan yang telah ditentukan (ada 5 bidang unggulan); pagu dana yang tersedia; luaran wajib yang harus ada secara detail; dan warna sampul proposal merah tua.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi penelitian unggulan UGM tahun anggaran 2014 tersebut para dosen peneliti dapat mengikuti panduan penelitian dengan lebih cermat.