• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • SDM
  • Perpustakaan
  • Surel
  • Direktori
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Direktorat Penelitian
  • Tentang Direktorat
    • Profil Direktorat
    • Manajemen Direktorat
    • Berita
    • Pengumuman
    • Agenda
  • Layanan
    • Aplikasi
      • Cek similaritas
      • MEPI
      • InCites
      • Journal Citation Report
      • Scopus AI
      • Scimago Journal Rank
      • SciVal
      • Web of Science
      • UGM Experts
    • Penelitian
      • Informasi Penelitian
      • LPDP
      • PUIPT
      • GRS-BPDPKS
      • PKR-BRIN
      • RIIM-BRIN
      • RIIM-EKSPEDISI
      • Kegiatan Penelitian
      • Sumber Daya Peneliti
      • Verifikasi akun SINTA
    • Publikasi
      • Konferensi
      • Klinik Publikasi
    • Jurnal
    • Kekayaan Intelektual
    • Komisi Etik Penelitian
    • Workshop
    • Language editing
  • Statistik
  • Panduan
    • Panduan & Standard Operating Procedure 2025
    • Video Sosialisasi
  • Galeri
  • FAQ
  • Newsletter
  • Beranda
  • Berita
  • Workshop Editorial Workflow, Optimalisasi Penggunaan Plugin, dan Pemeliharaan Open Journal Systems (OJS)

Workshop Editorial Workflow, Optimalisasi Penggunaan Plugin, dan Pemeliharaan Open Journal Systems (OJS)

  • Berita, Fitur, Slider
  • 23 Agustus 2024, 08.54
  • Oleh: almaruf.syuhada
  • 0

Jurnal yang berkualitas menjadi sarana penting dalam diseminasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, manajemen jurnal yang baik dari aspek konten/materi dan teknis pengelolaan jurnal menjadi sangat penting. Dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan oleh unit kerja di lingkungan UGM, Direktorat Penelitian UGM menyelenggarakan Workshop Editorial Workflow, Optimalisasi Penggunaan Plugin dan Pemeliharaan Open Journal Systems (OJS). Workshop diselenggarakan Kamis, 22 Agustus 2024 di Ruang Bulaksumur UC UGM.

Untuk menjangkau semua kebutuhan pengelola jurnal, workshop ini dirancang dalam beberapa sesi dengan segmen peserta yang berbeda, yaitu:

  1. Workshop editorial workflow dan optimalisasi penggunaan plugin OJS untuk Editor in Chief, Journal Manager dan tim teknis terkait  perwakilan masing-masing jurnal.
  2. Workshop pengelolaan dan pemeliharaan sistem OJS untuk programmer dan system administrator UGM dari:
  • Direktorat Penelitian dan tim percepatan reputasi jurnal UGM,
  • Direktorat Teknologi Informasi/DTI, dan
  • Fakultas/Sekolah.

Pemateri workshop menghadirkan Patricia Mangahis (Manajer Layanan Klien Publik Knowledge Project) dengan materi Understanding the OJS Editorial Workflow and Optimizing Plugin Usage,  Jonas Raoni Soares Da Silva (Pengembang Sistem OJS) untuk materi OJS Upgrade & Maintenance. Acara workshop dikawal moderator  Maria Lamury (LO Publik Knowledge Project).

Kegiatan workshop ini diselenggarakan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang editorial workflow OJS, optimalisasi penggunaan plugin di OJS dan pemeliharaan sistem OJS (penjelasan arsitektur OJS, petunjuk teknis upgrade OJS versi 2 ke OJS 3, dan update versi OJS 3 ke versi terbaru). Dengan desain pembagian segmen tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengelola jurnal UGM tentang editorial workflow OJS, meningkatkan pemahaman pengelola jurnal UGM tentang optimalisasi penggunaan plugin di OJS, serta meningkatkan pemahaman staf IT (programmer/system administrator) di lingkungan UGM dalam pemeliharaan dan pengelolaan sistem OJS. Terselenggaranya workshop ini sekaligus mendukung SDGs 4 Quality Education.

Tags: SDGs 4

Berita

  • Peneliti UGM Prof. Wega Trisunaryanti Terima Anugerah Global Alumni Fellow dari The University of OsakaJuni 12, 2025
  • UGM dan Pemda Kulon Progo Kembangkan Melon Premium untuk Dongkrak Pertanian dan Ekonomi DaerahMei 7, 2025
  • Kolaborasi UGM dan Perancis Bedah AI dari Aspek Kebijakan, Teknologi, hingga Sosial Budaya dalam The Night of Ideas (La Nuit des Idées)April 25, 2025
  • Tingkatkan Kemampuan Analisis Penelitian dan Publikasi Direktorat Penelitian UGM Selenggarakan Bimtek Penggunaan Research ToolsMaret 27, 2025
  • 9 Jurnal UGM Raih Akreditasi Baru dan 5 Jurnal Naik Peringkat AkreditasiMaret 27, 2025

Agenda

  • 30Jul The 11th International Conference on Science and Technology
  • 30Jul The 6th International Conference on Smart and Innovative Agriculture
  • 30Jul The 6th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering
Semua Agenda

Layanan

  • Kursus
  • Informasi penelitian
  • Ethical clearance
  • Klinik publikasi
  • Cek similaritas
  • Language editing
  • Pencatatan hak cipta
  • Pendaftaran desain industri
  • Pendaftaran paten
  • Elsevier’s SciVal
Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada
Direktorat Penelitian

Gedung Pusat UGM
Lantai 3 Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta
Indonesia 55281

Telp/Fax.: (+62 274) 520669

Tentang Direktorat

  • Profil Direktorat
  • Manajemen Direktorat
  • Berita
  • Pengumuman
  • Agenda
  • Panduan
  • Newsletter

Aplikasi

  • Scopus AI
  • Cek Similaritas
  • Elsevier’s SciVal
  • Web of Science
  • Clarivate’s InCites
  • Journal Citation Report

Layanan

  • Konferensi
  • Workshop
  • Language Editing Program
  • Jurnal UGM
  • Informasi Penelitian
  • Komisi Etik Penelitian
  • Pencatatan Hak Cipta
  • Pendaftaran Desain Industri
  • Pendaftaran Paten
  • Verifikasi Akun SINTA
  • Klinik Publikasi

© 2025 Direktorat Penelitian Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju