FINALISASI NASKAH AKADEMIK PUSAT STUDI UNIVERSITAS GADJAH MADA

Pusat Studi sebagai salah satu kelompok praktisi yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dari UGM untuk berbagai pelosok Indonesia dan penjuru dunia, diharapkan menjadi front liner Tridharma lintasdisiplin, sesuai yang dimandatkan dalam Peraturan MWA Nomor 4 Tahun 2015 tentang Kebijakan Umum UGM, jangkauan UGM yang mendunia melahirkan kematangan proses penyebarluasan ilmu pengetahuan (knowledge sharing) baik untuk masyarakat akademik, dan utamanya adalah masyarakat praktisi (CoP, community of practices).

Perlu melakukan evaluasi dan merumuskan pengembangan strategis ke depan agar dapat berkontribusi lebih baik terhadap ilmu pengetahuan, kesejahteraan masyarakat, dan kemanusiaan. Oleh karena itu, diadakan Workshop Finalisasi Naskah Akademik Pusat Studi di lingkungan Universitas Gadjah Mada.

Workshop dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Ibu drg. Ika Dewi Ana, Ph.D dan dimoderatori oleh Kepala Pusat Studi Perencanaan dan Pembangunan Regional UGM, Bapak Ir. Agam Marsoyo, M.Sc., Ph.D. Peserta yang hadir diantaranya Dr. Adhy Kurniawan, S.T. selaku Kasubdit HKI dan Riset Industri Direktorat Penelitian UGM, seluruh kepala Pusat Studi beserta staff atau yang mewakili. Acara tersebut diadakan di Ruang Paramount 3 Atria Hotel, Magelang tanggal 9 hingga 10 Maret 2018.

Pertemuan tersebut membahas pasal-pasal terkait dengan Pusat Studi, mulai dari struktur organisasi, pembentukan, hingga sistem penjaminan mutunya. Dalam acara tersebut juga dihasilkan keputusan bahwa peran Kepala Pusat Studi (Kapusdi) sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut berarti bahwa peran Kapusdi berorientasi pada Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Ibu Dr.Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.IP., M.Si selaku Kapusdi Sosial Asia Tenggara mengusulkan tugas pokok Kapusdi adalah penguatan institusi, academic excellence serta hilirisasi riset sesuai bidang. Peran tersebut untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni, sehingga diharapkan berguna dalam kesejahteraan manusia dan kemanusiaan.

Pada akhir pertemuan diputuskan bahwa akan dibentuk tim kecil yang diketuai oleh Bapak Dr. Heri Santoso, S.S., M.Hum. selaku Kapusdi Pancasila. Tim kecil beranggotakan Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, beberapa Kapusdi, dan Bapak Endri Heriyanto, S.H., M.Kn. selaku Kabag Peraturan Perundang-undangan, Organisasi dan Ketatalaksanaan Kantor Hukum dan Organisasi UGM. Tim tersebut berperan dalam merumuskan lebih lanjut Naskah Akademik Pusat Studi yang telah berhasil disepakati dalam pertemuan tersebut.