L’Oreal – UNESCO Tawarkan Program Fellowship Woman In Science 2017

Bertempat di Ruang Sidang Utama LPPM UGM, L’Oreal – UNESCO menawarkan program Fellowship Woman In Science 2017 melalui acara sosialisasi program pada hari Selasa (4/4). Acara yang dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. ini terbuka untuk para perempuan peneliti di Universitas Gadjah Mada (UGM) maupun dari luar UGM. “Saat ini yang terjadi di negara Indonesia adalah adanya kesenjangan-kesenjangan yang dapat dilihat dari index gini, artinya banyak hasil-hasil pembangunan yang hanya dimanfaatkan di daerah perkotaan. Sedangkan di desa-desa pelosok tidak merasakannya. UGM terus mendorong untuk terbentuknya inovasi sosial melalui kerjasama-kerjasama dengan berbagai pihak seperti halnya dengan L’Oreal ini untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut” demikian disampaikan Rektor UGM dalam sambutannya.

Hadir pula pada acara sosialisasi tersebut, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd. Dalam sambutannya di depan perempuan peneliti, Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd mengatakan “UNESCO melihat perempuan peneliti di dunia kedudukannya sangat timpang, masih dirasa sangat sedikit, maka dalam sosialisasi ini L’Oreal memilih UGM yang memiliki potensi sebagai tempat untuk menawarkan program ini”. Di L’Oreal ada sekitar 4.000 perempuan peneliti (intelektual) yang setiap hari melakukan riset disana, maka agar penelitian tidak terhenti peneliti harus memiliki keunggulan intelektual yaitu integritas, percaya pada nalar, empati, kemandirian, keberanian, rendah hati, rasa keadilan dan tahan deraan demikian tambahan Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd dalam sambutannya.

Program L’Oreal Woman In Science mencanangkan #ChangeTheNumbers untuk mengubah angka ilmuwan perempuan dalam 6 manifesto yaitu melalui mendorong generasi perempuan muda mengembangkan minat dan karir di bidang sains, mendobrak segala rintangan yang menghalangi ilmuwan perempuan dalam meniti karir di bidang sains, membuka selebar-lebarnya akses bagi ilmuwan perempuan untuk menduduki pimpinan di dunia sains, mengangkat profil ilmuwan perempuan, memastikan tercapainya kesetaraan jender dan memfasilitasi mentoring & networking bagi ilmuwan perempuan untuk memudahkan perencanaan dan pengembangan karir.

Dalam sosialisasi program tersebut dijelaskan detail oleh Head of Corporate Communications PT L’Oreal Indonesia, Melanie Masriel dan tim reviewer Prof. Dr. Herawati Hudaya, Program Fellowship Nasional ini diberikan kepada 4 pemenang yang masing-masing akan dibiayai sebesar Rp.80 juta dengan kriteria batas usia perempuan peneliti adalah 40 tahun, minimal berpendidikan S3 atau sedang menjalani studi S3 kemudian mengisi formulir aplikasi secara langsung via www.lorealscience.co.id dan bidang penelitian yang diutamakan yaitu life science, material science, engineering dan matematika. Untuk batas akhir penerimaan aplikasi pada tanggal 15 September 2017 kemudian 2 – 13 Oktober 2017 adalah tahap interview finalis dan terakhir inagurasi pada tanggal 9 November 2017.