Evaluasi Mandiri Riset Pengembangan Model Inkubator Kewirausahaan Hijau

Riset Pengembangan Model Inkubator Kewirausahaan Hijaudi Desa Miskin Sekitar Hutan di Desa Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu riset yang didanai oleh LPDP Kementerian Keuangan. Dilaksanakan oleh Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Adapun tujuan besar dari riset ini adalah untuk menanggulangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi hijau, dengan cara mengembangkan model inkubator kewirausahaan hijau yang berbasis produktivitas pertanian dan perikehidupan rumah tangga desa (rural household livelihood). Dalam melaksanakan kajiannya, tim menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang merupakan penggabungan antara riset dan aksi atau dikenal juga sebagai kaji tindak.

Lokasi kajian berada di desa wisata Nglanggeran memiliki daya tarik antara lain wisata alam, dengan daya tarik utama berupa Gunung Api Purba beserta pemandangan sekitar, wisata budaya, wisata kerajinan, wisata kuliner dan wisata pendukung. Riset ini bermitra dengan Kelompok Sadar Wisata Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

Sebagai akhir dari riset tahun pertama, Direktorat Penelitian UGM melakukan evaluasi mandiri terhadap tim riset yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 13 Maret 2017 di Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM. Hadir dalam acara ini Ketua tim Dr. Hempri Suyatna beserta anggota tim, pembahas Dr. Sri Rum Giyarsih, S.Si,. M.Si, dan Tim Direkrorat Penelitian UGM. Riset ini menghasilkan temuan utama bahwa ekowisata di Desa Nglanggranmengalami kemajuan karena adanya keterkaitan dan sinergi dengan sektor-sektor kehidupan yang lain. Keberadaan wisata di Desa Nglanggeran tidak mengakibatkan terjadinya peralihan pekerjaan utama warga dan degradasi lingkungan. Ekowisata justru berperan sebagai penggerak dan pendorong bagi tumbuh dan berkembangnya sektor-sektor lain seperti pertanian, peternakan, umkm, jasa, dan dan sektor lain serta upaya-upaya pelestarian lingkungan.