Evaluasi Mandiri Riset Pengembangan drg. Ika Dewi Ana, Ph.D

Selasa tanggal 14 Maret 2017 Direktorat Penelitian melakukan evaluasi mandiri terhadap Riset LPDP Pengembangan “Next Generation Medical Devices Berbasis Gelatin dan CHA (Karbon Apatit) untuk Terapi Regeneratif Kerusakan Jaringan. Evaluasi dikaksanakan di Laboratorium Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Gigi UGM.   Dalam evaluasi ini Ketua Tim Riset drg. Ika Dewi Ana, Ph.D beserta tim peneliti menyampaikan hasil penelitian tahun pertama kegiatan.

Riset yang bermitra dengan PT Gama Multi Usaha Mandiri ini memfokuskan penelitian untuk mengembangkan medical devices berbasis CHA untuk menghasilkan i) membran CHA berserat nano (nanofiber-CHA membran) untuk operasi kranial dan penutupan operasi tulang dan ii) “injectable scaffold” (injectable-CHA) untuk kebutuhan-kebutuhan terapi jaringan keras yang memerlukan material near net shape.

Apabila fokus ini dilakukan secara konsisten 3-5 tahun ke depan, maka hal tersebut akan membawa Indonesia sebagai leading nation dalam bidang rekayasa jaringan, mengubah profil dari net importer menjadi penghasil, dan dapat melakukan ekspansi produk alat kesehatan ke negara-negara lain